Jago Lagu
Jago Lagu

Bagaimana Bisa? Daftar Haji Sekarang, Berangkat Tahun 2053, Pembukaan Ibadah Haji Lagi Belum Jelas

Bagaimana Bisa? Daftar Haji Sekarang, Berangkat Tahun 2053, Pembukaan Ibadah Haji Lagi Belum Jelas

Bagaimana Bisa? Daftar Haji Sekarang, Berangkat Tahun 2053, Pembukaan Ibadah Haji Lagi Belum Jelas (Radartulungagung)

KOTA, Radar Trenggalek – Masyarakat di Jawa Timur (Jatim) termasuk Kota Keripik Tempe yang ingin mendaftar untuk pergi haji harus bersabar. Pasalnya, mereka harus menunggu sekitar 31 tahun untuk berangkat ke Tanah Suci.

Hal ini terkait kuota haji di Trenggalek yang mengikuti kuota di Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Jatim. Pada tahun 2022 ini tetap sekitar 35.035 jamaah. Hal itu berdasarkan Peraturan Menteri Agama (PMA) Nomor 75 tahun 2017 sehingga nomor porsi haji yang ada merupakan nomor porsi Jatim. “Jadi kami di sini (Kantor Kemenag Trenggalek, red) hanya sebagai pelaksana saja, sebab tidak dapat memberi kebijakan terkait hal tersebut,” ungkap Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Trenggalek Agus Prayitno.

Dia melanjutkan, daftar antrian haji di Jatim juga Trenggalek berada di kisaran 31 tahun. Jika mendaftar haji pada tahun ini, diperkirakan yang bersangkutan akan berangkat pada 2053 mendatang. “Ini untuk nomor antrean normal, di luar penggabungan, atau pengajuan lansia dan sejenisnya,” katanya.

Hal itu karena banyaknya antrean haji di Jatim, yang membuat daftar tunggunya semakin lama. Apalagi sejak 2020 lalu belum ada kejelasan kapan ibadah haji dibuka kembali oleh Pemerintah Kerajaan Arab Saudi. Sebab dengan situasi masih pandemi covid-19, membuat pelaksanaannya wajib menerapkan protokol kesehatan (prokes). Sedangkan terkait penambahan kuota haji mengingat jumlah antrean yang panjang, dirinya belum dapat mengambil keputusan. Sebab, penambahan haji di Indonesia sesuai 10 ribu jamaah pada 2019 lalu sebelum ada pandemi, merupakan wewenang pemerintah Kerajaan Arab Saudi. Kini pihaknya hanya dapat menunggu terkait hal tersebut. “Semoga pada 2022 ini pintu haji kembali dibuka hingga ada penambahan kuota haji, mengingat daftar antrean yang semakin panjang. Namun terkait hal ini ditunggu saja,” jelasnya. (jaz/c1/rka)


Hits: 60x


BERITA MENARIK

Waduh! Uang Logam 1.000 Kelapa Sawit Dijual Ratusan Juta, Ini Kata Kolektor