Jago Lagu
  • Sabtu, 25 Sep 2021
  •  

Update, Buruan Daftar, Kemendikbud Ristek Buka Banyak Beasiswa Unggulan

Update, Buruan Daftar, Kemendikbud Ristek Buka Banyak Beasiswa Unggulan

Update, Buruan Daftar, Kemendikbud Ristek Buka Banyak Beasiswa Unggulan (Jatimtimes)

KabarTulungagung.my.id - Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Puslapdik Kemendikbud Ristek) membuka pendaftaran Beasiswa Unggulan Tahun 2021. Terdapat beberapa jenis beasiswa yang ditawarkan dalam beasiswa unggulan ini.

Dikutip dari situs resmi Puslapdik Kemendikbud Ristek, beasiswa tersebut diberikan untuk jenjang sarjana, magister, juga doktoral. Program beasiswa unggulan ini baru belum lama  dibuka pendaftaran, mulai 1 Juli dan ditutup 15 Agustus mendatang.

Cara Download dan Instal WhatsApp Aero Agar Tampilan WA-mu Lebih Keren

Buruan Daftar, Kemendikbud Ristek Buka Banyak Beasiswa Unggulan


 

Program beasiswa unggulan tersebut untuk mereka yang menempuh kuliah di perguruan tinggi negeri juga swasta. Mereka yang dapat mendaftar sebagi calon penerima beasiswa unggulan haruslah  yang telah diterima pada program studi (prodi) dan perguruan tinggi yang memiliki akreditasi B.


Bagi mahasiswa baru, terbuka peluang untuk memperoleh beasiswa unggulan pada semua jenjang. Begitu pun untuk mahasiswa aktif yang maksimal merupakan angkatan tahun 2020 atau maksimal semester III.

Adapun lima jenis beasiswa unggulan itu, antara lain, beasiswa bagi masyarakat berprestasi. Beasiswa ini ditujukan bagi siapa pun masyarakat Indonesia yang mempunyai prestasi di bidang akademik atau non-akademik, baik di tingkat internasional ataupun nasional. 

Bukan hanya itu. Beasiswa juga diberikan bagi masyarakat yang mempunyai aktivitas  berkontribusi pada daya saing bangsa di berbagai bidang.


Untuk persyaratan mereka yang ingin mengikuti beasiswa ini, diutamakan memiliki sertifikat pembuktian prestasi akademik atau non-akademik tingkat internasional ataupun nasional; memperoleh rekomendasi dari institusi terkait; tidak sedang menerima beasiswa sejenis dari sumber lain; dan diterima di pergurian tinggi yang terakreditasi B atau sangat baik.


Selanjutnya, beasiswa bagi pegawai Kemendikbud Ristek. Beasiswa ini diberikan kepada kepara aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Kemendikbud Ristek. Dalam beasiswa ini, mereka yang dapat menerima merupakan mahasiswa yang melanjutkan pada program magister dan doktoral. 


Untuk persyaratannya, antara lain, berstatus sebagai ASN di Kemendikbud Ristek; diusulkan oleh pejabat pimpinan pratama atau eselon II unit kerja; memperoleh persetujuan penugasan untuk belajar sesuai peraturan perundang-undangan; rekomendasi pimpinan terkait bidang studi yang diambil sesuai dengan kebutuhan organisasi; dan diutamakan mereka yang berkinerja baik.

Para mahasiswa yang memiliki kekurangan atau disabilitas tak usah berkecil hati. Beasiswa unggulan juga telah disediakan secara khusus. 

Beasiswa bagi penyandang disabilitas akan diberikan kepada mahasiswa penyandang disabilitas, baik disabilitas fisik, disabilitas intelektual, disabilitas mental, atau disabilitas sensorik.


Beasiswa unggulan bagi penyandang disabilitas ini terbuka untuk semua jenjang, baik sarjana, magister juga doktoral. Selain itu, penerima telah diterima pada perguruan tinggi dan telah menempuh perkuliahan maksimal semester 2 saat mendaftar.

WhatsApp Aero Bikin Tampilan WhatsApp-mu Lebih Menarik, Ini Sederet Fitur Menariknya

 



Persyaratan lainnya, mereka yang memiliki sertifikat prestasi baik akademik juga non-akademik akan diutamakan. Kemudian memiliki surat keterangan dari dokter atau ahli dan atau lembaga relevan yang menyatakan atau menerangkan sebagai penyandang disabilitas sesuai dengan ragam penyandang disabilitas.

Lalu, memperoleh rekomendasi dari institusi terkait dan tidak sedang menerima beasiswa sejenis dari sumber lain serta diterima di PTN terakreditasi, ditambah surat pernyataan bahwa benar merupakan mahasiswa disabilitas.

Dan yang terakhir merupakan beasiswa penghargaan. Beasiswa ini khusus diberikan kepada anak dari abdi negara yang telah gugur dalam tugas. Salah satu persyaratannya adalah calon penerima beasiswa diusulkan oleh instansi terkait juga oleh pejabat sesuai kepala staf Tentara Nasional Indonesia.


Buruan mendaftar. Untuk informasi lebih lanjut, simak di situs resmi puslapdik.kemendikbud.go.id.

(JTN)

Total dibaca: 84x | Berikan Komentar!


Oleh: Bram Dika Admaja
No Internet No Life

Teknologi akan melampaui interaksi manusia. Dunia akan memiliki generasi idiot.

Komentar (0)
Tinggalkan Komentar
Ingatlah untuk selalu berkomentar dengan sopan sesuai pedoman situs ini
* Anda tidak memiliki akses untuk meninggalkan komentar *
Topik Populer

Jasa Pembuatan Aplikasi Website Database Custom!

Pembuatan Website!

BERITA MENARIK

Tahukah Kamu? Menko Airlangga Jelaskan Sejumlah Faktor yang Bisa Bantu Perekonomian Nasional Saat PPKM